PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan

Sosialisasi Kegiatan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan Komoditas Jagung




(Tanah Laut, 15/6) BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan mengadakan sosialisasi kegiatan hilirisasi teknologi dan inovasi Balitbangtan komoditas jagung di Kelompok Tani Lestari, Desa Jilatan Alur, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.

Acara dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Dr. Muhammad Amin, tim kegiatan hilirisasi, berserta tamu undangan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Edy Yoseph dan Sigid Sarsanto, SP., Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut Ir. Basri, BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan Wiwin Nuraini, S.Hut, M.Ling dan Siswoyo, SP, MP, Kepala BPP Batu Ampar beserta mantri tani dan PPL, Sekretaris Camat Batu Ampar, Kepala Desa Jilatan Alur dan PT. Twinn.

Peneliti BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Agus Hasbianto, Ph.D selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan hilirisasi bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar instansi terkait, mempercepat promosi teknologi Badan Litbang Pertanian, dan meningkatkan kapasitas petani dalam usaha tani jagung. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan akan dilakukan secara bersama-sama dengan pihak terkait. Teknologi Badan Litbang Pertanian yang diterapkan saat ini adalah varietas unggul JH-37, Pupuk Organik Cair (POC), bimbingan bagi petani dalam pengendalian OPT jagung dan penangkaran benih hibrida berbasis kelompok tani.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat mendukung Kabupaten Tanah Laut sebagai sentra jagung di Kalimantan Selatan.

#BPTPUntukBanua

#PetaniSuksesNTPNaik